Spread the love

 

Kabupaten Jombang memiliki posisi yang sangat strategis, karena berada di jalur utama lintas selatan Pulau Jawa (Jogjakarta-Surabaya-Bali). Selain itu, Kabupaten Jombang juga merupakan persimpangan jalur menuju Kediri/Tulungagung, Malang, serta Babat/pantura. Pusat kota Jombang dapat ditempuh 2½ jam dari ibu kota Provinsi Jawa Timur Surabaya, atau dari Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo. Saat ini juga telah dikembangkan ruas jalan tol Mojokerto-Kertosono, yang melintasi bagian utara Kabupaten Jombang.

Pesawat Terbang

Kamu bisa naik pesawat terbang dengan destinasi sebagai berikut:

A. Bandara Djuanda, Sidoarjo Jawa Timur

Setelah dari bandara, kamu bisa memilih moda transportasi berikut:

  1. Taksi atau mobil charter langsung ke Jombang
  2. Taksi atau bus DAMRI menuju Terminal Purabaya atau Bungurasih
  3. Lanjut dengan bus. Ada beberapa bus tujuan beberapa kota baik di Jawa Timur, Jawa Tengah atau Jogja yang melewati Jombang. Kamu perlu pahami bahwa apakah bus tersebut lewat tol atau tidak.

B. Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang Jawa Timur

Setelah dari bandara, kamu bisa memilih moda transportasi berikut:

  1. Taksi atau mobil charter langsung ke Jombang
  2. Taksi atau bus menuju Terminal Arjosari Malang
  3. Lanjut bus ke arah Jombang

Bus

Terminal Kepuhsari, yang terletak di Kecamatan Peterongan, 5 km dari pusat kota Jombang, merupakan terminal utama kabupaten yang menghubungkan Jombang dengan kota-kota lainnya. Jalur bus jurusan Surabaya, Kediri/Tulungagung, dan Solo/Jogja merupakan jalur yang beroperasi 24 jam nonstop. Bus yang ingin memberhentikan para penumpang yang ingin ke Jombang Kota biasanya diturunkan di “Simpang Tiga” kota Jombang yang biasanya disebut Terminal Lama.

Kereta api

Kabupaten Jombang juga dihubungkan dengan kota-kota lain di Pulau Jawa dengan menggunakan jalur kereta api. Stasiun Jombang merupakan stasiun utama, disamping 4 stasiun lainnya: Sembung, Peterongan, Sumobito, dan Curahmalang.

Jalur kereta api yang melintasi stasiun KA Jombang adalah

Sementara jalur kereta api yang sudah tidak aktif lagi antara lain jurusan :

  • Jombang-PareKediri
  • Jombang-PlosoKabuhBabat. Jalur ini dulu melewati depan tugu Ringin Contong yang menjadi ciri khas kota Jombang.

Angkutan lokal

Untuk transportasi intra wilayah kabupaten, terdapat Angkutan Pedesaan dengan 24 trayek, yang menjangkau ke semua kecamatan. Ini masih ditambah lagi dengan adanya trayek angkutan antarkota yang menghubungkan kota Jombang dengan wilayah kabupaten di sekitarnya, yakni jurusan Pare, Kandangan, Babat, Kertosono, serta Mojokerto.

Selain itu juga ada transportasi lainnya seperti ojek atau moda transportasi online lainnya.