Spread the love

 

Travelling (jalan-jalan) memang merupakan sesuatu yang menyenangkan. Travelling bisa dipastikan dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan rasa kebahagiaan bagi pelakunya. Nah, ada beberapa tipe traveller terkait dengan cara mereka berjalan-jalan. Ada yang mempersiapkan dengan detail jalan-jalan mereka namun ada juga yang sifatnya dadakan karena hal tersebut dirasa lebih menantang.

Nah, ada baiknya jika teman-teman dengan baik mempersiapkan jalan-jalanmu. Hal ini memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Mengetahui destinasi beserta waktu berkunjung yang tepat
  2. Mengetahui kisaran biaya baik yang sifatnya terduga maupun perkiraan yang tidak terduga
  3. Mengetahui resiko akan jalan-jalan yang dilakukan serta solusinya
  4. Membuat jalan-jalan menjadi lebih aman dan menyenangkan

 

Nah, ini adalah beberapa tips yang bisa teman-teman lakukan sebelum melakukan jalan-jalan:

 

1 – Tentukan destinasi yang dituju

Kamu perlu menentukan destinasi yang akan dituju. Destinasi tersebut adalah sesuai dengan tipe destinasi favoritmu apakah wisata pantai dan bawah laut, wisata gunung, wisata budaya, wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah, wisata minat khusus lainnya dan sebagainya.

 

2 – Tentukan waktu berkunjung dan durasi

Waktu berkunjung adalah sesuai dengan tipe destinasi yang kamu tuju. Perlu diingat bahwa:

  • beberapa destinasi hanya bisa dikunjungi pada musim-musim tertentu. Misalnya wisata pantai/ bahari sebisa mungkin dikunjungi saat musim kemarau. Karena ketika kita berwisata bahari, maka atraksi alam yang ingin kita lihat adalah matahari terbit dan terbenam.
  • Jika musim hujan, keberadaan awan/ mendung akan sangat menganggu. Belum lagi jika ada potensi badai di lautan. Untuk wisata budaya, ada beberapa atraksi budaya misalnya festival budaya tertentu yang hanya bisa dinikmati ketika tanggal festival berlangsung.
  • Waktu yang lebih spesifik misalnya musim liburan atau musim kerja akan menentukan ramai tidaknya destinasi wisata yang akan kamu tuju. Beberapa destinasi wisata yang sudah sangat populer akan sangat ramai ketika musim liburan atau akhir pekan. Destinasi wisata yang terlalu ramai bisa saja mengurangi level kamu dalam menikmati liburan. Beberapa wisatawan lebih menikmati suasana yang sepi daripada ramai.

Kamu juga perlu menentukan durasi dari jalan-jalanmu. Hal ini akan berdampak pada susunan tempat yang kamu kunjungi dan biaya yang diperlukan.

 

3 – Tentukan gaya travelingmu

Gaya traveling apakah kamu mau jalan-jalan dengan tipe koper atau ranselKoper artinya jalan-jalan yang lebih eksklusif dalam hal pemilihan transportasi, akomodasi, konsumsi dan lainnya. Jalan-jalan ala koper ini identik dengan membawa banyak barang misalnya pakaian atau perlengkapan lainnya. Ransel artinya kamu lebih suka backpacker-an dan berjalan-jalan dengan budget terbatas atau minim sesuai dengan ketersediaan keuangan yang ada.

Nah, kemudian kamu juga perlu menentukan apakah kamu akan mengorganisasikan jalan-jalanmu sendiri atau kamu akan ikut dengan travel/ trip operator. Jika sendiri, maka kamu perlu menentukan semuanya sendiri mulai dari transportasi, akomodasi sampai konsumsi. Kalau kamu ikut trip operator, kamu harus membayar paket-paket wisata yang tersedia. Kebanyakan, kamu tidak bisa meminta perubahan dari apa yang telah ditentukan oleh trip operator. Hal ini karena kamu jalan-jalan bersama dengan orang lain, yang mungkin kamu juga belum kenal. Kecuali kamu jalan rombongan dimana semua peserta adalah teman-teman kamu sendiri, maka kamu bisa meminta trip operator untuk melakukan penyesuaian sesuai dengan keinginan kalian.

 

4 – Tentukan itinerary

Setelah kamu menentukan kapan dan berapa lama durasinya, maka tentukan itinerary jalan-jalanmu. Itinerary berisi destinasi mana saja yang akan dikunjungi dan aktivitas apa yang akan dilakukan. Pastikan bahwa kamu mengalokasikan waktu yang cukup ketika berkunjung ke suatu tempat. Perhatikan pula potensi kemacetan lalu lintas jika memang ada. Terlalu singkat dalam mengunjungi suatu destinasi akan membuatmu kurang bs menikmati destinasi tersebut.

 

5 – Tentukan budget

Kamu perlu menentukan budget dari perjalananmu. Nah budget tersebut bisa dikelompokkan sebagai berikut:

  • transportasi (darat, laut atau udara)
  • akomodasi
  • transportasi
  • konsumsi
  • belanja/ shopping
  • lain-lain misalnya tiket masuk destinasi wisata, uang toilet, dan lainnya

Budget akan tergantung dari durasi jalan-jalanmu dan gaya traveling mu.

 

6 – Tentukan checklist barang

Kamu perlu mendaftar barang apa saja yang akan kamu bawa selama jalan-jalan. Umumnya adalah sebagai berikut:

  • Pakaian: disesuaikan dengan destinasi yang dituju dan musim waktu kamu jalan-jalan
  • Sandal/ sepatu
  • Peralatan mandi
  • Payung jika diperlukan
  • Sunblock
  • Obat-obatan pribadi
  • Kamera/ cam corder
  • Portable charger
  • Notebook, pensil dan ATK seperlunya
  • Barang-barang yang diperlukan lainnya

Sehari atau beberapa hari sebelum kamu jalan-jalan, kamu perlu mempersiapkan dan mengecek barang-barang di atas satu persatu. Jika perlu, kamu bisa membuat check-list terkait

 

Nah, demikian tips dari kami. Semoga bisa membantu kamu memaksimalkan jalan-jalanmu. Selamat berwisata!