Spread the love

 

Berlibur memang sudah menjadi pilihan banyak orang di saat jeda kerja. Dengan belibur ini juga bisa untuk mempererat hubuangan dengan keluarga dan juga dengan kerabat. Pilihan untuk berlibur pun bermacam – macam seperti keluar daerah ataupun ada yang hanya berlibur di daerahnya masing -masing dengan berkunjung ke wisata theme park dengan berbagai wahana seru. Untuk para wisatawan yang berlibur ke luar darah tentunya akan kurang lengakap jika pulang tidak membawa oleh – oleh khas daerah yang di kunjungi seperti halnya jika anda berkunjung ke Jombang Jawa Timur.

Jombang sendiri merupkana sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur dan berada di persimpangan jalur lintas utara, dan selatan Pulau Jawa (Surabaya-Madiun-Solo-Yogyakarta), jalur Surabaya-Tulungagung, serta jalur Malang-Tuban. Penduduk yang tinggal di Jombang ini juga terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan juga budaya yang berbeda – beda yang mayoritasnya yaitu suku jawa dan beberapa suku lainya yang mendapingi seperti suku Tionghoa, arab, Madura dan banyak lagi. Tentunya dengan berbagai suku bangsa dan budaya di jombang ini, membuat jombang ini memiliki ciri khas nya mulai dari makanan dan souvenirnya.

Banyak pengunjung yang datang ke jombang ini dari berbagai derah yang di sekitarnya. Para pengunjung yang datang ke Jombang ini biasanya untuk melakukan pekerjaan ataupun untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata di Jombang yang di minati. Setelah berkunjung ke beberapa tempat wisata di Jombang, biasanya para wisatawan ini akan membeli oleh – oleh khas jombang saat akan pulang dari Jombang. Berikut beberapa rekomendasi Oleh – Oleh khas Jombang yang bisa anda simak di bawah ini.

1. Tahu Pong Gloria Khas Jombang

Di antara kalian pasti sudah tau dengan makanan yang populer satu ini dan banyak di berbagai daerah di Indonesia.Namun berbeda dengan tahu yang ada di Jombang ini karena tahu ini tengan kosong dan sangat enak jika di nikmati bersamapi cabe dan sous seperti saus tomat, petis. Rasa dari tahu pong khas jombang ini sangat enak gurih dan juga bertekstur renyah saat anda memaknya dalam kedaan masih hangat. Untuk membeli Tahu Pong khas Jombang ini sangat mudah di temukan di sepanjang jalan jombang atau anda juga bisa mendapatkanya di Jl. Jogoroto Peterongan, Jombang, Jawa Timur.

2. Kue Jenang Kupas Khas Jombang

Makanan khas jombang yang populer dan sangat di minati oleh para wisatawan yaitu Kue Jenang Kupas. Kue ini memiliki rasa yang manis yang legit, enak dan memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Bentuk kue khas jombnag ini bulat dan hampir mirip dengan kue Onde – One yang ada di Mojokerto. Untuk mendpatkan Kue Jenang Kupas ini anda bisa mendapatnya di pasar – pasar tradisional di jombang atau anda juga bisa ke Jl. Griya Indah AA 22 cc, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

3. Donat Kampoeng Utami

Selain beberapa makanan khas jombang di atas, terdapat juga makanan yang enak khas jombang yang tidak kalah populernya yaitu Donat Kampung Utami. Kue donat ini memiliki rasa yang manis dan juga enak dengan tekstur yang lembut saat memakanya. Untuk bisa menikmati donut kahs jombang dan membawanya sebagai Oleh – Oleh anda bisa membelinya di pasar tradisonal Jombang dan juga bisa membelinya di Griya Indah AA 2 CC, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

 

 

Adapun makanan khas Jombang adalah sebagai berikut:

  1. Kikil Khas Jombang

Kikil sendiri adalah kakinya sapi atau kerbau. kikil ini merupakan baan dasar makanan khas kiki jombang ini, Kikil dimasak dengan suhu tinggi dan dengan waktu yang lumayan lama, ditambah dengan bumbu-bumbu khas, dikasih santan dan bahan-bahan pendukung. Jadilah makanan khas kikil Jombang. Kikil ini akan terasa lebih enak jika dimakan pakai nasi. Untuk tambahan nasi kikil ditambah dengan kering tempe atau tahu, diberi sayur bung/bambu yang masi muda dan empal daging atau jeroan sapi yang dimasak bacem. Dalam penyajiannya menggunakan daun pisang yang dibentuk pincuk.

  1. Es Degan khas Jombang

Es degan khas Jombang ini berbahan dasar Buah dari kelapa muda yang diserut kemudian diberi gula dan es. Yang menjadikan khasnya Es degan ini mendapat bahan tambahan yang berupa nata de coco, alpukat, dan durian yang dilengkapi dengan susu cair.Tambahan-tambahan khas tersebut yang membuat es ini terasa nikmat.

  1. Pecel Rengkek 

Pecel rengkek, pasti anda bertanya-tanya apa sih rengkek itu?? nama makanan khas pecel dini di ambil dari asal penjualnya yang kesemuanya kaum ibu paruh baya membawa semacam box yang terbuat dari kayu dan tripleks, yang orang-orang terkadang juga menyebut box ini dengan ronjot, ditaruh di atas sepeda atau sepeda motor. Tempatnya itu di namakan rengkek, Nasi pecel ini di sajika dengan pincuk yang menjadikan uniknya makanan ini.

  1. Sego Sadukan

Sego Sadukan ini ialah nasi bungkus yang isinya sekepal nasi, ada mie, lauk tahu-tempe diiris kecil-kecil, dan kadang-kadang ada tambahan ikan teri di dalamnya. Sadhukan artinya tendangan, mungkin karena porsinya yang minimalize itulah dinamakan Sego Sadhukan, sekali tendang langsung bisa mencelat jauh atau sekali santap langsung habis.

  1. Onde-onde Kacang Merah

Onde-onde Kacang Merah ini terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan yang ditaburi dengan wijen, untuk dalamnya diisi dengan kacang merah. Makanan khas ini sangat cocok untuk di jadikan oleh-oleh sewaktu anda berkunjung ke jombang.