• +62 858-5652-7005 Nuril
  • info@njombangan.com

Jombang Kota Toleransi

Spread the love

Latar Belakang & Tujuan

Latar Belakang

Jombang dikenal sebagai salah satu daerah yang banyak melahirkan tokoh nasional baik itu yang berkiprah di bidang pemerintahan, sosial, budaya, ekonomi bisnis, milter dan banyak bidang lainnya. Keberadaan mereka membarikan banyak kontribusi tidak hanya untuk untuk Jombang namun juga Indonesia bahkan dunia. Salah satu tokoh yang fenonemal adalah Abdurrahman Wahid atau kerab disapa Gus Dur. Presiden ke-4 Indonesia ini terkenal karena pemikirannya yang melintas batas waktu dan dimensi, progresif tentang berbagai hal terutama bidang sosial, budaya, dan kerukunan beragama. Selama menjabat sebagai presiden dan selama hidupnya, Gus Dur secara aktif mendorong adanya masyarakat yang saling memiliki pemahaman yang sama akan kehidupan, bahwa terlepas dari banyaknya perbedaan yang ada namun semuanya adalah setara atau sama. Filosofi yang sama dengan yang terkandung dalam Bhinneka Tunggal Ika atau berbeda-beda namun tetap satu juga. Pemikiran ini yang kemudian mendorong dan menjadi basis atau dasar masyakarat yang toleran satu sama lain. Tidak salah jika Gus Dur selama ini mendapatkan sebutan atau gelar Bapak Toleransi Indonesia. Indonesia adalah negara besar dan beragam, tanpa adanya toleransi tentu negara ini tidak akan berdiri berdaulat sampai saat ini.

Jombang dikenal sebagai kota santri karena banyaknya pondok pesantren di hampir seluruh penjuru mata angin. Lebih dari itu, Jombang merupakan tempat lahir dan berkembangnya salah satu Organisasi Islam terbesar yakni Nahdlatul Ulama. Jombang selama ini menjadi daerah yang sangat kondusif dan bebas dari konflik-konflik horizontal berbasis suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA). Hal ini menjadi suatu kebanggaan dan juga modal untuk menjadikan Jombang sebagai salah satu inspirasi dan fondasi untuk memperkenalkan Jombang sebagai kota aatau daerah toleransi. Jombang memiliki posisi yang strategis baik secara letak geografis maupun dalam percaturan sosial budaya dan politik, dengan demikian mengusung semangat toleransi adalah opsi yang layak untuk dilakukan. Kota Toleransi ini akan melengkapi sebutan Jombang selain sebagai Kota Santri.

Dengan mengusung Jombang Kota Toleransi, maka diharapkan selain menyuburkan pemahaman akan toleransi ke seluruh penjuru Indonesia juga diharapkan mampu mendorong kemajuan pariwisata di Jombang. Inisiatif ini digagas oleh Njombangan, diharapkan didukung oleh segenap pihak seperti pemerintah, media massa, masyarakat, duta wisata dan lainnya.

 

 

Bantuan Anda

  1. Membantu menginformasikan adanya program ini kepada masyarakat luas.
  2. Ikut menjadi penyandang dana atau donatur. Silahkan untuk secara ikhlas memberikan dukungan dana untuk pengadaan logistik, pengembangan guide dan kebutuhan lainnya. Penggunaan dana akan secara transparan digunakan dan dilaporkan.

 

Lagu Jombang Kota Toleransi

Iki daerahku omah e poro pahlawan
Lingkungan sekitar e bersih indah lan nyaman
Ijo royo-royo dadi pusat peradaban
Gak enek tunggal e iki lo Jombang beriman

Lurs!

REFF

Dolan ngidul sinau sejarah candi Rimbi
Dolan ngulon liwat Brantas sing makin berseri
Masyarakat e seneng kabeh yo podho ludrukan
Bareng-bareng lestarikno budaya Njombangan

Dolan ngalor tuku sego kikil tahu campur
Dolan ngetan rame susur dalan e sepur
Ringin Conthong Kebon Rojo iku wes kesuwur
Ojo lali ziarah nang makam e Gus Dur

Rek!

REFF

—-

REFF

Jombang kutho toleransi
Guyub rukun adem tentrem lan damai
Jombang khuto toleransi
Selalu nang hati tetep nomor siji

Jombang kota toleransi
Menunggumu untuk selalu datang lagi
Jombang kota toleransi
Aku cinta kamu sampai kapanpun nanti

 

Kontak

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan untuk kontak kami di

njombangan@gmail.com atau

Johar di 087878724050.