• +62 858-5652-7005 Nuril
  • info@njombangan.com

Rayakan Imlek, Masyarakat Tionghoa Mojoagung Doa Bersama di Klenteng

Rayakan Imlek, Masyarakat Tionghoa Mojoagung Doa Bersama di Klenteng

Spread the love

Jombang – Tahun Baru Imlek 2571 hari ini dirayakan masyarakat Tionghoa di Kecamatan Mojoagung dengan suka cita. Sejak malam kemarin (24/1), mereka sudah melakukan berbagai persiapan acara perayaan. Termasuk memasang berbagai ornamen khas Imlek di rumah dan tempat peribadatan.

Seperti yang terlihat di Klenteng Boo Hway Bio Mojoagung, yang dipenuhi ornamen khas Imlek bernuansa merah. Paling mencolok, lampion yang bergantungan di langit-langit klenteng. “Untuk persiapannya sudah matang. Kemarin kita sudah bersih-bersih, patung-patung dewa sudah dimandikan semua,” ujar Hery Atmaja, penjaga klenteng Boo Hway Bio Mojoagung.

Berbagai persiapan ini dilakukan masyarakat Tionghoa secara bergotong royong. Ia menyebut, tradisi bersih-bersih klenteng dilakukan setiap tahun jelang perayaan Imlek. “Perayaan pergantian tahun baru di klenteng ini tidak ada, hanya acara sembayang diikuti warga Tionghoa sekitar Mojoagung besok pagi (hari ini),” lanjutnya.

Untuk diketahui, Klenteng Hoo Hway Bio ini berada di sisi utara RTH Mojoagung. Usianya sudah lebih dari 60 tahun dan satu-satunya klenteng di wilayah timur Jombang. Warga Tionghoa sendiri meyakini Imlek tahun ini merupakan tahun Tikus Logam yang memiliki makna tahun yang sibuk dan penuh kreativitas. (*)

Photo courtesy: Radar Jombang

Article courtesy: Radar Jombang

(jo/fid/mar/JPR)

admin

Leave your message