Inilah Para Pemenang Njombangan Menari Edisi Perdana

Spread the love

Program Njombangan Menari: Upaya Melestarikan Tari Remo Jombang.

Njombangan Menari merupakan salah satu kegiatan yang diinisiasi oleh komunitas Njombangan. Program ini telah dimulai sejak bulan Juli 2018. Dalam menjalankan program tersebut, Njombangan berkolaborasi dengan sebuah perpustakaan di Desa Kepuhdoko, Tembelang. Les tari ini dilakukan selama tiga bulan secara gratis, tanpa pungutan apapun dan terbuka untuk umum. Di perpus tersebut, anak-anak belajar tari remo dengan seorang guru sanggar profesional dari Jombang Kota. Program ini dilakukan secara rutin satu kali dalam seminggu.

Di akhir kegiatan, peserta diminta menampilkan tarian remo di akhir bulan Oktober 2018. Pada acara yang disebut dengan Try Out Tari Remo Njombangan ini, seluruh peserta berhasil menampilkan performa terbaiknya. Kegiatan ini dinilai oleh tim dewan juri yang terdiri dari pelatih tari remo dan perwakilan Njombangan. Dari penilaian tersebut, diambil 3 orang terbaik yang berhak mendapatkan hadiah dan piala dari Njombangan. Namun, kami juga memberikan apresiasi yang luar biasa kepada adik-adik yang telah berpartisipasi dalam upaya pelestarian tari remo Jombang melalui kegiatan ini. Sehingga, Njombangan juga memberikan piagam penghargaan dan bingkisan berupa alat tulis dan merchandise kepada seluruh peserta.

Selain itu, acara juga sangat meriah karena dihadiri oleh anak-anak lain di desa tersebut. Mereka memberikan dukungan dan semangat kepada teman-temannya yang tampil. Oleh karena itu, acara Try Out juga diisi dengan berbagai games yang dipandu oleh Mas Ade dari Njombangan. Semua orang terlihat sangat bahagia dan terhibur dengan penampilan tarian remo dan games tersebut. Terlebih, kami juga menyediakan hadiah bagi adik-adik yang bisa menjawab pertanyaan. Di akhir acara, kami juga membagikan merchandise kepada seluruh anak yang hadir pada acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut, kami juga menyampaikan piagam penghargaan dan pemberian merchandise Njombangan sebagai bentuk terima kasih kepada pihak penyelenggara kegiatan dan pelatih yang telah menyediakan tempat dan meluangkan waktu untuk memberikan pelatihan tari remo kepada adik-adik di Kepuhdoko. Program ini tidak akan berjalan tanpa adanya bantuan dari Mbak Lay sebagai pelatih tari remo dan Mbak Heni yang terus memberikan semangat kepada peserta les tari.  Dengan berakhirnya program tersebut, kami berharap untuk memulai program baru di desa-desa lainnya. Semoga upaya ini akan memantik semangat yang lebih besar dari semua pihak demi kelestarian budaya Jombang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *